Dauroh Imam Syafi'i V STDI Jember Se Sumatera Di Padang

Photobucket

إن الحمد لله نحمده و نستعينه و نستغفزه و نعوذ بالله من شرور أنفسنا و سيئات أعمالنا من يهده الله فلا مضل له و من يضلل فلا هاديا له و أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له و أشهد أن محمدا عبده ورسوله

Allah Ta’ala telah membebankan tugas mulia kepada kita, yaitu beribadah kepada-Nya semata. Sebagaimana firman-Nya:

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

 “Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.” (QS. Adz-Dzariyaat : 56).

Inilah tugas mulia yang dibebankan oleh Allah kepada para utusan-Nya. Allah berfirman dalam kitab-Nya yang mulia,

وَلَقَدْ بَعَثْنَا فِي كُلِّ أُمَّةٍ رَّسُولًا أَنِ اعْبُدُوا اللَّهَ وَاجْتَنِبُوا الطَّاغُوتَ ۖ فَمِنْهُم مَّنْ هَدَى اللَّهُ وَمِنْهُم مَّنْ حَقَّتْ عَلَيْهِ الضَّلَالَةُ ۚ فَسِيرُوا فِي الْأَرْضِ فَانظُرُوا كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الْمُكَذِّبِينَ

Dan sungguhnya Kami telah mengutus rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): "Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah Thaghut itu", maka di antara umat itu ada orang-orang yang diberi petunjuk oleh Allah dan ada pula di antaranya orang-orang yang telah pasti kesesatan baginya. Maka berjalanlah kamu dimuka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang mendustakan (rasul-rasul).” (QS. An-Nahl : 36)

Dan dengan tugas ini pulalah setiap da’i dikirim untuk menyelamatkan umat manusia dari kerusakan akidah dan akhlaq. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada Mu’adz bin Jabal radhiyallahu’anhu tatkala mengutusnya ke negeri Yaman, “Hendaknya dakwah yang pertama kali engkau serukan adalah syahadat laa ilaaha illallaah.” (HR. Bukhari, Muslim dan lain-lain).

Inilah yang telah memuliakan serta mengangkat kedudukan para sahabat, para imam dan para pengikut jejak mereka. Allah Ta’ala berfirman:

وَالسَّابِقُونَ الْأَوَّلُونَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالْأَنصَارِ وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُم بِإِحْسَانٍ رَّضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ وَأَعَدَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي تَحْتَهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا ۚ ذَٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya. Mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar.” (QS. At-Taubah : 100)

Berdakwah merupakan tugas mulia yang tidak akan pernah habis konsumennya, kemuliaan yang tidak akan lekang oleh masa, perjuangan yang tidak boleh pudar hanya karena ketuaan usia, inilah tugas mulia yang harus diemban oleh kaum muslimin yang peduli terhadap nasib umatnya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sungguh, apabila Allah memberikan hidayah kepada seseorang melalui tanganmu maka itu lebih baik bagimu daripada unta-unta merah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Karena itulah Yayasan Imam Syafi’i Jember bekerjasama dengan Yayasan Dar el Iman Padang bermaksud mengadakan “Dauroh Imam Syafi’i V(lima)” sebagai salah satu sarana untuk membekali para da’i muda ataupun calon-calon da’i dengan aqidah dan manhaj yang shohih.

Dauroh ini juga diharapkan mampu meningkatkan persaudaraan di antara sesama umat islam Indonesia pada umumnya dan khususnya para thulabul ‘ilmi.

Tema Kegiatan
Upaya Peningkatan Kualitas Da’i dan Pengajar Pondok Pesantren

Tujuan Kegiatan

  1. Mengoptimalkan peranan STDI Imam Syafi’i dan Yayasan Dar el Iman untuk kepentingan dakwah ilallah
  2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas da’i yang siap berdakwah ke masyarakat
  3. Mempererat dan menyatukan jalinan persaudaraan sesama umat islam Indonesia, khususnya para penuntut ilmu.

Target Peserta
Target jumlah peserta adalah 100 orang yang terdiri dari da’i-dai muda, guru agama, imam-imam masjid, dan umum se-Sumatera. Untuk calon Peserta dari Provinsi di luar Sumatera Barat, kapasitas yang diberikan hanya sebanyak 5 orang per provinsi.

Bentuk Kegiatan
Kegiatan akan dilaksanakan dalam bentuk ceramah dan tanya jawab bersama Ustadz-ustadz alumni Universitas Islam Madinah KSA.

Pembicara


No.
Pembicara
Materi
1
 DR. Ali Musri Semjam Putra, MA.
 Aqidah Ahlu Sunnah Fish-Shahabah &
 Mauqif Syi'ah Fish-Shahabah
2
 DR. Muhammad Nur Ihsan, MA.
 Tajrid At-Tauhid Al-Mufid
3
 DR. Aspri Rahmat, M.A.
 Dakwah Illallah wa akhlak ad-duat
4
 DR. Muhammad Arifin Badri, M.A.
 Adabul Masyi Ila Ash-sholah


Pelaksanaan

Hari/ Tanggal :
Ahad – Sabtu/ 04 Sya’ban – 10 Sya’ban 1433 / 24 – 30 Juni 2012

Tempat
Masjid Jabal Rahmah, Semen Padang, Sumatera Barat.

Pendaftaran
Dibuka sampai tanggal 17 Juni 2012


Cara Pendaftaran


Ketik:
Reg [spasi] Dauroh ISV [spasi] Nama [spasi] Alamat )

kirim ke

  • 07519978296 (Hafizh)
  • 085274356369  (Hafizh)

Nb: Peserta terdaftar akan mendapat undangan dari panitia

Untuk formulir, dan susunan acara dapat di download:

  • Formulir di http://www.ziddu.com/download/19567110/FormulirPendaftaran.docx.html
  • Susunan Acara di http://www.ziddu.com/download/19577563/JadwalKegiatanDaurohImamSyaffiV.docx.html

Sumber Info:
http://dareliman.or.id/2012/06/04/dauroh-imam-syafii-v-stdi-jember-se-sumatera-24-30-juni-2012-dilaksanakan-di-padang-sumatera-barat-bekerja-sama-dengan-yayasan-dareliman/


Komentar

Pos populer dari blog ini

Adab Makan Seorang Muslim Sesuai Sunnah Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam

Definisi, Nama, Tugas, Perbedaan Nabi dan Rasul Dilengkapi Tabel